Menko Darmin Resmikan Lokasi Ekonomi Spesial Palu

Diikuti dengan penekanan tombol serta penandatangan prasasti oleh Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution, Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Palu, resmi di buka.

 

” Saya tidak menganggap KEK Palu jadi yang pertama diresmikan dari 11 KEK yang tengah dibuat di semua Indonesia. Nyatanya Gubernur Sulteng paling berani lakukan terobosan hingga KEK Palu jadi yang pertama diresmikan, ” kata Menko Darmin, Rabu (27/9/2017)

Menurut Darmin, KEK di desain dengan spesial oleh pemerintah pusat untuk kebutuhan pembangunan daerah manfaat mendorong tumbuhnya industri pemrosesan serta menolong memperluas pasar.

Ada KEK dapat tingkatkan nilai lebih untuk kesejahteraan rakyat. Karenanya, semuanya investor yang masuk KEK Palu dengan product yang masuk dalam kelompok komoditi strategis di KEK itu, juga akan memperoleh pembebasan pembayaran pajak kurun waktu spesifik (tax holiday).

Diluar itu, mereka juga akan memperoleh keringanan pemberian izin baik sebagai wewenang pemerintah pusat ataupun wewenang gubernur serta bupati atau walikota.

“Terkait Izin Membangun Bangunan (IMB), investor telah dapat merealisasi investasinya walaupunpn IMB tetap dalam sistem. Serta yang perlu investor itu sudah penuhi beberapa kriteria peroleh IMB serta pemerintah setempat lakukan pengawasan yang baik pada aktivitas investor supaya tidak melenceng dari ketetapan IMB, ” kata Darmin.

Sudah pasti dengan ramainya investasi di KEK, kata Darmin, diinginkan perkembangan ekonomi daerah juga akan bergerak lebih tinggi, distribusi pendapatan semakin lebih baik serta pengentasan kemiskinan semakin lebih cepat terwujud.

Satu Sekali lagi Lokasi Ekonomi Spesial yang Siap Operasi Th. Ini…

Pembangunan infrastuktur di Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) selalu dikebut. Gagasannya, lokasi itu juga akan beroperasi th. ini.

Tempo hari, Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak mengemukakan beberapa progres pembangunan infrastuktur pada Dewan Nasional KEK. Termasuk juga berkaitan dengan pembebasan 512 hektar tempat yang tinggal menanti sertifikasi.

” Sebagian industri juga telah mulai dibuat yang berbasiskan oleokimia, CPO, dan batubara, ” kata Awang Faroek dalam info resmi, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Diluar itu pembangunan infrastruktur penunjang juga telah mulai ditangani. Salah satunya pembangunan instalasi listrik kemampuan 200 megawatt sudah groundbreaking pada awal th. ini. Sedang pembangunan Instalasi Pemrosesan Air (IPA) memiliki 200 liter per detik baru juga akan segara diawali. Anggarannya sendiri telah dimasukan di Biaya Pendapatan serta Berbelanja Daerah (APBD) 2017 Propinsi Kalimatan Timur. Pengembangan KEK MBTK juga akan mengutamakan pada industri hasil sumberdaya alam. Salah satunya yaitu industri kelapa sawit serta batubara di beberapa lokasi Propinsi Kalimatan Timur.

Pemerintah Propinsi Kalimatan Timur sendiri telah menggandeng investor asal Rusia, Russia Railway serta Black Space, untuk membuat jalur kereta api spesial batubara selama 520 km. Diinginkan infrastruktur kereta api itu dapat menyokong KEK MBTK. Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto mengapresiasi Gubernur Kalimantan timur Awang Faroek atas prinsip serius membuat KEK MBTK. Ia mengharapkan, Gubernur dapat segara merampungkan sertifikasi tempat KEK karna begitu diperlukan investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *