Tips untuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang Butuh Pinjaman Modal

badan ekonomi kreatif (bekraf) saat ini lagi gencar mendesak perkembangan bisnis dan pelaku – pelaku ekonomi kreatif untuk tingkatkan mutu usaha supaya lebih mudah memperoleh pendanaan dari lembaga pembiayaan.

Tips untuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang Butuh Pinjaman Modal

ada sebagian trik untuk tingkatkan mutu tersebut, bagi financial motivator, hari soul putra, saat ini masih banyak permasalahan keuangan yang berada di tiap usaha. lazimnya, pelakon usaha masih berfokus pada pemasukan.

” lazimnya pengusaha ini kurang ingat untuk membuat pembukuan keuangan, sementara itu itu sangat berarti, ” kata hari kepada detikfinance, kamis (25/5/2017).

ia meningkatkan, pengusaha juga kerap melaksanakan kesalahan, ialah memakai dana dari keuangan usaha untuk pengeluaran hidupnya. setelah itu juga banyaknya pengusaha yang tidak mencatat tiap transaksi yang dicoba.

hari mengatakan, bila mutu usaha sudah baik maka, pelakon usaha dapat mengajukan modal pinjaman ke bank, lembaga keuangan non bank ataupun penyedia dana yang memakai prinsip syariah.

” pinjaman dari bank, tidak boleh melebihi 65% sampai 70% dari keseluruhan kebutuhan riil, ini untuk kurangi resiko macet, ” ucapnya.

ia juga menerangkan, saat sebelum mengajukan utang pengusaha wajib mempersiapkan modal sendiri minimun 25%. tidak hanya itu, juga wajib mengidentifikasi watak usaha, setiap hari, mingguan, bulanan ataupun musiman. ini berarti karna untuk menghitung beban bunga yang akan didapatkan tiap bulannya.

” apabila usaha kamu berisiko besar, hendaknya rasio antara modal sendiri dan modal pinjaman wajib diperkecil karna ada beban bunga, ” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *