Cara Memasang Motherboard

Cara Memasang Motherboard

1. Buka komputer Anda. Lepaskan kedua panel samping untuk memudahkan akses ke baki motherboard. Baki motherboard dapat dihapus dari kasus ini, yang memungkinkan Anda memasang motherboard dengan mudah tanpa harus bekerja pada sudut yang aneh. Tidak semua kasus memiliki nampan motherboard yang bisa dilepas.

Baki motherboard biasanya dipegang dengan dua baut. Sisihkan ini agar Anda tidak kehilangan mereka.
Memasang motherboard biasanya berarti Anda pada dasarnya membangun komputer baru. Anda perlu menginstal ulang sistem operasi Anda jika Anda melakukan upgrade, dan Anda perlu memformat setiap drive sistem. Anda tidak bisa hanya meng-upgrade ke motherboard baru tanpa menginstal ulang semua yang ada di komputer Anda.

2. Dasar dirimu Sebelum Anda mulai mengerjakan bagian dalam komputer atau menangani motherboard, pastikan Anda mengeluarkan muatan elektrostatik yang mungkin Anda miliki. Anda bisa menyentuh keran air untuk melepaskan muatan elektrostatik Anda.

Kenakan tali pergelangan tangan antistatik saat bekerja di komputer untuk mencegah kerusakan akibat elektrostatis.

3. Ganti perisai panel I / O. Ini terletak di bagian belakang kasus, di mana konektor untuk motherboard diperluas untuk monitor, perangkat USB, dan periferal lainnya. Sebagian besar kasus memiliki panel pelindung default terpasang, yang perlu dilepas dan diganti dengan panel yang disertakan dengan motherboard Anda. [1]

Terapkan tekanan ke keempat sudut panel untuk mengamankannya ke dalam kasus ini. Ini harus dipasang pada tempatnya.
Pastikan bahwa Anda memasang panel ke arah yang benar. Bandingkan dengan susunan sebenarnya dari konektor pada motherboard untuk memastikannya berjalan dengan benar.

4. Temukan kebuntuan. Standoff menjaga motherboard di atas kasus ini. Hal ini mencegahnya dari korslet dan membantu pendinginan. Beberapa kasus akan datang dengan standoffs, sementara yang lain tidak. Motherboard Anda harus datang dengan standoffs sendiri juga yang dapat Anda gunakan.

Cara Memasang Motherboard
5. Instal kebuntuan. Cocokkan lubang pada motherboard dengan lokasi kebuntuan yang tersedia pada baki motherboard. Setiap kasus dan baki motherboard berbeda, dan semua akan memiliki konfigurasi lubang yang berbeda. Sejajarkan motherboard untuk melihat di mana Anda dapat menggunakan standoff untuk mengamankannya. Setiap lubang yang mungkin pada motherboard Anda harus memiliki standoff terpasang.

Sebagian besar standoffs screw ke lubang mereka, tapi beberapa didorong seperti pasak.
Tidak semua motherboard akan bisa menempel dengan semua lubang yang ada. Hubungkan sebanyak mungkin kebuntuan, tapi jangan gunakan penghalang ekstra. Standoff seharusnya dipasang di lokasi dengan lubang motherboard yang sesuai.

6. Tempatkan motherboard Anda pada standoffs. Lubang dan kebuntuan seharusnya berbaris. Jika baki motherboard Anda tidak keluar dari kasus ini, Anda mungkin perlu memaksa motherboard dengan hati-hati ke panel I / O di bagian belakang case agar sesuai. Mulai pengaman motherboard dengan sekrup.

Jangan abaikan sekrupnya. Pastikan itu tegas tapi tidak terlalu ketat. Jangan gunakan obeng listrik.
Lubang yang tidak memiliki logam pada mereka akan membutuhkan mesin cuci kardus di antara sekrup dan motherboard. Cara terbaik adalah menghindari penggunaan lubang non-logam sama sekali.

7. Instal komponen Anda. Sebelum memasang kembali baki motherboard dengan motherboard yang baru diikatkan ke dalam kasus ini, pasang CPU, pendingin CPU, dan RAM Anda. Melakukan hal ini sekarang akan membuat lebih mudah untuk mencapai segalanya. Jika motherboard Anda tidak ada di baki yang dapat dilepas, pasang komponen Anda setelah kabel.

8. Sambungkan catu daya. Setelah motherboard diamankan, Anda bisa mulai menghubungkan komponen Anda ke sana. Disarankan agar Anda menghubungkan catu daya terlebih dahulu, karena colokannya akan sulit dijangkau nanti. Pastikan kedua konektor 20/24-pin terpasang serta konektor 12V 4/8-pin.

Lihat dokumentasi power supply Anda jika Anda tidak yakin kabel mana yang akan digunakan.

9. Sambungkan panel depan Anda. Untuk menyalakan komputer Anda dengan tombol daya depan atau melihat saat hard drive diakses, Anda perlu menghubungkan panel depan dan indikator. Cari kabel berikut dan hubungkan ke pin yang sesuai pada motherboard:

  • ┬áSaklar daya
  • Setel ulang tombol
  • LED daya
  • ┬áLED hard drive (HDD)
  • ┬áPembicara

10. Sambungkan port USB depan. Sambungkan port USB depan ke konektor yang sesuai pada motherboard. Ini biasanya diberi label. Pastikan busi yang benar ditempatkan pada gelas yang benar.

11. Hubungkan para penggemar. Hubungkan setiap kasus dan kipas CPU ke pin yang sesuai pada motherboard. Biasanya ada beberapa tempat untuk memasang kipas sasis, serta konektor dua pin di dekat CPU untuk kipas CPU.

12. Pasang drive anda Begitu motherboard aman dan terhubung, Anda bisa mulai memasang drive Anda ke sana. Pastikan Anda memasang hard drive SATA dan drive optik ke port SATA yang benar pada motherbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *